2 Kekuatan yang Mempengaruh Pendidikan

Ada 2 kekuatan besar yang mempengaruhi jalannya pendidikan nasional, yakni:

1. Kekuatan politik

Dewasa ini pendidikan nasional telah merupakan subordinasi dari kekuatan-kekuatan politik praktis.

Penolakan Pemerintah terhadap tuntutan UUD yaitu sebesar 20%  dari APBN untuk pengembangan pendidikan menunjukkan ketiadaan komitmen Pemerintah mengenai pentingnya pendidikan nasional  sebagai sarana untuk membangun Indonesia yang dicita-citakan.

Ada 4 suara hati yang penting dalam kehidupan manusia modern:

1)        Suara hati antropologis

Suara hati yang mengembangkan rasa kesatuan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, agama & adat istiadat.

2)        Suara hati sebagian warga bumi di dalam hal ini sebagai warga bumi Indonesia.

3)        Suara hati ekologis

Rasa kesatuan setiap manusia Indonesiaterhadap lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan masyarakat manusia.

4)        Suara hati spiritual

Keinginan untuk hidup bersama di dalam masyarakat yang multicultural.

2. Kekuatan ekonomi

Kemajuan teknologi informasi & komunikasi, yang telah membuat dunia sebagai suatu global village.

RENSTRA Depdiknas 2005 – 2009 didasarkan pada paradigm ORBEX yaitu Organizing for Business Excellence. Bila pendidikan dipandang sebagai kegiatan bisnis maka RENSTRA dapat memberikan profit yang sebesar-besarnya terhadap investasi dalam bidang pendidikan yaitu: Manajemen masalah teknis dalam organisasi pendidikan nasional. Kepemimpinan bagaimana mengarahkan organisasi pendidikan nasional supaya dapat memberikan profit yang sebesar-besarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s